Rabu, 25 Juli 2012

Semantik



Abdul Chaer
Liliana Muliastuti
PBIN4215 2/SKS/ 1-6
TINJAUAN MATA KULIAH
Mata kuliah Semantik Bahasa Indonesia (berbobot 2 sks) adalah salah satu mata kuliah yang harus Anda pelajari dalam kelompok mata kuliah kebahasaan. Mata kuliah ini mencakup pembahasan tentang teori semantik secara umum dan sistem makna bahasa Indonesia. Keseluruhan bahasannya adalah:
1. hakikat makna kalimat;
2. cakupan studi semantik
3. ragam makna;
4. struktur makna leksikal;
5. relasi makna;
6. perubahan makna leksikal;
7. makna dalam penggunaan bahasa.

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mempelajari dan menguasai mata kuliah Semantik Bahasa Indonesia. Pertama, secara langsung Anda akan mempunyai pengetahuan tentang makna bahasa Indonesia. Kedua, penguasaan semantik akan meningkatkan kompetensi pembelajaran bahasa Anda karena penguasaan makna ini berkaitan erat dengan sejumlah mata kuliah lain, yakni morfologi, sintaksis, pragmatik, membaca, dan menulis.
Tujuan pemberian mata kuliah semantik ini agar Anda mempunyai pengetahuan tentang semantik, memahami dan menguasai semantik sistem semantik bahasa Indonesia, serta mampu menggunakannya dalam bahaa sehari-hari. Tujuan tersebut akan dapat Anda capai dengan mempelajari 6 modul berikut.
Modul 1: Makna dan Semantik
Modul 2: Relasi Makna dalam Bahasa Indonesia
Modul 3: Perubahan Makna dalam Bahasa Indonesia
Modul 4: Hubungan Makna dan Struktur Bahasa Indonesia
Modul 5: Ungkapan dalam Bahasa Indonesia
Modul : Makna dan Penggunaan Bahasa dalam Bahasa Indonesia


Keenam modul tersebut hendaknya dipelajari secara berurutan karena urutan nomor modul diatur mengikuti kaidah keprasyaratan. Dengan kata lain, Modul 1 harus dipelajari lebih dahulu dari Modul 2. Modul 2 dipelajari lebih dulu daripada Modul 3, demikian seterusnya sampai Modul 6. Perlu juga diperhatikan bahwa setelah memahami dengan baik isi Modul 1, barulah Anda mempelajari Modul 2. Demikian juga setelah Anda memahami benar materi Modul 2, Anda pindah ke Modul 3, dan seterusnya. Gunakan Kamus Bahasa Indonesia susunan W.J.S Poewadarminta sebagai pendamping dalam mempelajari modul ini. Kalau mungkin, perkayalah juga pengetahuan Anda dengan memanfaatkan buku Pengantar Semantik Bahasa Indonesia susunan Abdul Chaer (Rineka Cipta), 1995) atau buku lain yang disebutkan dalam Daftar Pustaka yang terdapat pada akhir setiap modul.

 Selamat Belajar, Semoga Sukses!


silahkan klik

Download 
untuk file lengkapnya
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulislah komentas sesuai artikel yang anda baca!!!